Apa itu ATM Link? Ciri, Fungsi & Bedanya dengan ATM Bersama

20 Jun 2022

Apa perbedaan atm link dan atm bersama? Simak penjelasannya yuk.

Di zaman serba cepat saat ini, ATM merupakan alat transaksi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya dengan kemunculan ATM Link. ATM Link adalah mesin yang bisa digunakan untuk melakukan tarik tunai atau transfer dari berbagai jenis bank.

Selain ATM Link, tak jarang Anda juga menemukan ATM bersama bukan? Nah, lantas apa sebenarnya perbedaan dari kedua mesin tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya dalam artikel OCBC NISP berikut ini.

Apa itu ATM Link?

ATM Link adalah jaringan ATM Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan terdiri dari bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti OCBC NISP, BNI, BRI, BTN, dan Mandiri.

Para nasabah Himbara memiliki akses ke lebih dari 45.000 ATM Link berfitur lengkap di seluruh Indonesia. Link ATM bisa Anda lihat dengan adanya logo Link dan logo masing-masing bank pemilik ATM Link yang bergabung dengan Himbara (BRI, BNI, BTN, atau Mandiri) di bagian bawah mesin.

Fungsi ATM Link

Penjelasan mengenai fungsi ATM Link adalah sebagai berikut.

1. Tarik Tunai 24 Jam

Fungsi pertama dari ATM Link adalah dapat melakukan tarik tunai kapanpun selama 24 jam.

2. Setor Tunai

ATM Link juga memberikan fasilitas setor tunai atau menabung sehingga Anda tidak perlu lagi mengantri di kantor cabang hanya untuk menyetorkan uang.

3. Transfer

Fungsi lain ATM Link adalah memudahkan nasabah dalam proses pengiriman uang, baik itu ke sesama maupun antar bank.

4. Bayar Tagihan

ATM link juga dapat digunakan untuk membayar tagihan, baik itu listrik telepon, internet, kartu kredit, PAM, bayar sekolah, TV kabel, hingga asuransi.

5. Pembelian Produk

Fungsi selanjutnya dari ATM Link adalah untuk membeli produk, mulai dari token listrik, pulsa telepon hingga tiket pesawat.

6. Top up uang elektronik

Saat ini top up uang elektronik dapat lebih mudah Anda lakukan, karena sudah difasilitasi melalui ATM Link.

Selain fungsi, adapun manfaat dari penggunaan ATM Link adalah nasabah dapat melakukan tarik tanpa harus mencari mesin ATM sesuai dengan bank tempat nasabah menabung.

Ciri-Ciri ATM Link

Selain mengetahui berbagai fungsi di atas, Anda juga harus dapat memahami cirinya. Penjelasan mengenai ciri-ciri ATM Link adalah sebagai berikut.

1. Ciri pertama dari ATM Link adalah setiap unit mesin ATM nya  memiliki warna merah putih seperti bendera Indonesia.

2. Selanjutnya, setiap unit ATM Link mempunyai tampilan logo perusahaan perbankan yang tergabung dalam Himbara yaitu OCBC NISP, BNI, BRI, BTN, dan Mandiri.

3. Setiap struk dari pengambilan uang melalui ATM Link akan memiliki logo link di dalamnya.

4. Pada mesin ATM Link yang dikeluarkan oleh bank tertentu, logo bank tersebut akan memiliki tampilan lebih besar dan berada di paling atas atau bawah brankas.

Perbedaan ATM Link, ATM Bersama dan ATM Prima

Setelah mengetahui ciri-ciri ATM Link, selanjutnya Anda juga harus memahami perbedaannya dengan jaringan-jaringan serupa. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan ATM jenis lainnya dengan ATM Link adalah sebagai berikut.

1. ATM Link

ATM Link memiliki logo Link dan dilengkapi dengan logo masing-masing bank pemilik ATM Link  yang terintegrasi Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seperti OCBC NISP, BRI, BNI, BTN atau Mandiri di bagian bawah mesin.

Pelanggan yang terdaftar di bank dapat melakukan berbagai operasi seperti penarikan tunai, setoran tunai, dan operasi lainnya di tautan ATM.

2. ATM Prima

ATM Prima merupakan jaringan ATM yang memungkinkan nasabah rekanan ATM Bank Prima untuk melakukan transaksi seperti tarik tunai, cek saldo dan transfer dana antar bank di seluruh  ATM dengan icon ATM Prima.

3. ATM Bersama

ATM Bersama merupakan jaringan switching terbesar di Indonesia yang telah berhasil terkoneksi dengan 90 institusi, baik bank maupun non bank dan dapat melakukan transfer antar bank online secara real-time dan.

Semakin banyak anggota ATM Bersama, semakin mudah nasabah bertransaksi di seluruh delivery channel milik bank berlogo ATM Bersama di Indonesia.

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama selanjutnya yaitu ATM Bersama sudah terhubung dengan prinsipal luar negeri seperti Paynet dari Malaysia, JCB dari Jepang, dan Al-Rajhi dari Arab Saudi. Jadi, para nasabah yang masuk dalam anggota ATM Bersama bisa melakukan transaksi di negara-negara tersebut.

Begitupun sebaliknya, nasabah dari prinsipal luar negeri seperti Al-Rajhi dari Arab Saudi bisa melakukan transaksi melalui ATM Bersama di Indonesia. Bukan hanya tarik tunai saja, melainkan para nasabah juga bisa melakukan berbagai transaksi lainnya.

Biaya ATM Link

Untuk penarikan dan pengecekan saldo dalam ATM Link bebas biaya atau gratis. Sedangkan, mentransfer uang antar bank yang tergabung dalam Himbara akan dikenakan biaya tarik tunai ATM Link sebesar Rp 4.000. Kemudian, jika akan melakukan transfer selain bank Himbara dikenakan biaya sebesar Rp 6.500.

Nah, itu dia ulasan mengenai apa itu ATM Link, serta bedanya dengan jenis ATM lainnya. Meski terdapat biaya tambahan, namun keberadaan ATM Link cukup membantu apabila Anda sulit untuk menemukan ATM Bank. Cukup praktis bukan? Yuk temukan informasi menarik lainnya di OCBC NISP!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

KPM

KPM

Solusi memenuhi kebutuhan finansial
KPR Easy Start

KPR Easy Start

KPR untuk generasi muda wujudkan rumah impian dengan angsuran rendah
KTA

KTA

Solusi memenuhi kebutuhan finansial

Download ONe Mobile