Cara Membuat Kartu Kredit, Ini Langkah Pertamanya!

20 Jun 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Bagaimana cara membuat kartu kredit? Ini langkah mudahnya!

Layanan kartu kredit saat ini memang cukup banyak diminati. Selain dinilai sebagai alat transaksi yang praktis, berbagai produk kartu kredit seringkali menawarkan berbagai promo menarik bagi penggunanya. Selain itu, cara membuat kartu kredit juga cukup simple.

Nah, jika Sobat OCBC tertarik dan ingin membuat kartu kredit, maka Anda sedang berada di tempat yang tepat. Tunggu apa lagi? Yuk simak ulasan mengenai cara membuat kartu kredit berikut ini.

Apa itu Kartu Kredit?

Sebelum melangkah ke cara membuat kartu kredit, sebaiknya Anda mengetahui dulu pengertian kartu kredit. Kartu kredit adalah produk perbankan berupa alat pembayaran non tunai. Kartu kredit bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara online.

Anda bisa melakukan transaksi dengan dibayarkan oleh pihak bank terlebih dahulu. Tetapi, Anda harus menyetorkan sejumlah uang dengan nominal yang ditentukan pihak bank setiap awal bulan. Sebelum mengikuti cara membuat kartu kredit, pastikan Anda sudah membaca dan menyetujui syarat dari pihak bank.

Apa yang Harus Diperhatikan saat Membuat Kartu Kredit?

Bagaimana cara membuat kartu kredit? Sebelum membahas lebih lanjut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuatnya. Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Skema Pembayaran

Skema pembayaran merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan produk perbankan. Anda harus menentukan skema pembayaran tagihan kartu kredit, dengan cara mengangsur atau melunasi seluruhnya setiap tagihan datang. Itu karena ada beban bunga tagihan yang harus dibayarkan.

2. Limit Transaksi Kartu Kredit

Setiap kartu kredit memiliki batas nominal transaksi yang berbeda. Oleh karena itu, setiap melakukan transaksi pembayaran Anda harus mempertimbangkan limit kartu kredit. Jangan sampai Anda melakukan transaksi melebihi batas yang tertera pada kartu kredit atau biasa disebut overlimit. Jika transaksi sampai overlimit, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

3. Besaran Suku Bunga

Perhatikan suku bunga tetap pada kartu kredit yang akan dibuat. Besaran suku bunga tetap paling tinggi telah ditentukan oleh Bank Indonesia (BI) yaitu sebesar 2,95 persen per bulan atau 35,4 persen per tahun. Jika ada bank yang memberlakukan suku bunga di atas tersebut maka bisa disebut menyalahi aturan dan dapat dilaporkan ke pihak berwenang.

Selain itu, jangan lupa perhatikan isi tagihan kartu kredit karena di dalamnya ada suku bunga yang diberikan oleh bank. Terkadang ada pula bank yang menawarkan suku bunga rendah. Namun, Anda jangan mudah tergiur karena biasanya hal itu hanya promosi dalam jangka waktu tertentu saja.

4. Biaya Tambahan

Selain tagihan dan suku bunganya, pemilik kartu kredit juga akan dibebankan biaya tambahan yang berkaitan dengan transaksinya. Anda harus memperhitungkan biaya tambahan seperti iuran tahunan, penarikan tunai, dan sebagainya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui biaya tambahan yang berkaitan dengan kartu kredit. Belum lagi jika Anda terlambat membayar tagihan. Rincian biaya tambahan penting diketahui sebelum mencari tahu cara membuat kartu kredit.

5. Akses dan Layanan

Salah satu tujuan pembuatan kartu kredit yaitu karena kemudahan yang ditawarkannya sehingga akses dan layanan penting diperhatikan. Pilihlah kartu kredit dengan jaringan yang luas agar Anda leluasa menggunakannya. Pastikan juga kartu kredit yang Anda pilih menyediakan layanan 24 jam untuk melakukan hal seperti pemblokiran kartu sewaktu-waktu.

6. Keamanan

Kejahatan cyber bisa terjadi dalam transaksi perbankan sehingga penting untuk memilih bank penerbit kartu kredit yang aman. Pengamanan yang umum dalam setiap kartu kredit yaitu personal identification number (PIN) sebanyak enam digit. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan jenis pengamanan lain yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit.

7. Asuransi

Sebelum mengetahui cara membuat kartu kredit, penting mempelajari asuransi yang diberikan. Banyak bank penerbit kartu kredit yang telah memasukkan berbagai asuransi dalam kartu kreditnya. Asuransi tersebut bisa berupa asuransi perjalanan, kecelakaan, hingga jiwa.

Pengaturan asuransi di dalam kartu kredit telah tertuang di Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 124 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit. Dalam aturan tersebut juga telah dibeberkan jika pemilik kartu kredit meninggal dunia, maka tagihannya dilimpahkan ke pihak asuransi sehingga tidak dibebankan ke ahli waris.

Cara Membuat Kartu Kredit

Keberadaan kartu kredit bisa dikatakan menguntungkan jika bisa menggunakannya dengan bijak. Tertarik membuatnya? Berikut ini cara membuat kartu kredit dengan mudah.

1. Penuhi Persyaratan yang Dibutuhkan

Sebelum mengikuti cara membuat kartu kredit, cari tahu terlebih dahulu persyaratan untuk membuatnya. Biasanya salah satu syarat mutlak yang berlaku di semua bank adalah minimal berusia 21 tahun dan memiliki besaran penghasilan tertentu setiap bulannya. Datangi bank penerbit kartu kredit untuk mendapatkan daftar persyaratan yang dibutuhkan.

2. Memiliki Riwayat Keuangan yang Baik

Pastikan Anda memiliki riwayat keuangan yang baik di bank yang akan menerbitkan kartu kredit. Itu karena ada kemungkinan bank penerbit memeriksa riwayat keuangan atau pinjaman di bank tersebut untuk mengetahui seberapa besar komitmen Anda.

3. Mengisi Formulir dengan Jujur

Cara membuat kartu kredit berikutnya yaitu mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit di bank dan mengisi formulir yang disediakan. Di dalam formulir biasanya akan diminta data pribadi. Ketika mengisi formulir, pastikan Anda mengisinya dengan keadaan yang sebenarnya dan tidak mengada-ada.

4. Menunggu Pihak Bank Melakukan Verifikasi

Setelah mengajukan permohonan, tunggu pihak bank melakukan verifikasi. Biasanya verifikasi dilakukan melalui telepon. Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai panggilan nomor pribadi yang mengatasnamakan pihak bank. Jangan sampai data pribadi Anda jatuh ke pihak tidak bertanggung jawab.

Selain itu, biasanya pihak bank akan meminta alamat pengiriman jika permohonan kartu kredit disetujui. Pastikan Anda memberi alamat yang aman agar kartu tersebut sampai ke tangan Anda.

5. Mengaktifkan Kartu Kredit

Biasanya setelah kartu kredit diterima belum tentu bisa langsung digunakan untuk bertransaksi. Untuk itu, cara membuat kartu kredit Anda bisa digunakan yaitu dengan mengaktifkannya. Setiap bank penerbit memberlakukan cara yang berbeda terkait hal ini. Biasanya mereka meminta Anda untuk mengaktifkannya melalui sms atau link tertentu. Pastikan Anda mengakses link yang benar.

Cara Membuat Kartu Kredit OCBC NISP

OCBC NISP merupakan salah bank penerbit kartu kredit. Cara membuat kartu kredit OCBC NISP bisa dikatakan sama dengan langkah di atas. Datangi kantor atau kunjungi website OCBC NISP untuk mengetahui jenis-jenis kartu kredit yang ditawarkan beserta syarat dan ketentuannya.

Itu dia informasi mengenai bagaimana cara membuat kartu kredit di bank. Khususnya, bagi Sobat OCBC yang ingin mengajukan kartu kredit OCBC NISP. Apakah Anda tertarik? Yuk ikutan daftar sekarang juga dan nikmati berbagai keuntungannya!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Deposito

Deposito

Kelola keuangan bisnis jadi lebih cepat dan mudah
TAKA

TAKA

Manage finances to meet needs and ease of transactions
Tanda 360

Tanda 360

Savings for daily transactions with 12 currency options in 1 account

Download ONe Mobile