Tidak Perlu Panik! Ini Dia 4 Cara Mengurus ATM Yang Hilang

20 Jun 2022

Pada artikel ini OCBC akan membagikan bagaimana cara mengurus ATM yang hilang. 

Meskipun sudah meletakkannya dalam barang-barang penting seperti dompet atau ponsel, terkadang kita masih saja sering lupa di mana terakhir kali menyimpan kartu ATM. Ketika kartu tersebut tidak dapat ditemukan, sebagian orang mungkin berpikir bahwa harus melewati banyak tahapan dalam upaya atau cara mengurus ATM yang hilang.

 

Namun Sobat OCBC tidak perlu khawatir, karena sebenarnya mengurusnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti bagaimana cara mengurus ATM yang hilang selengkapnya pada artikel berikut ini.

Bagaimana Cara Mengurus ATM yang Hilang?

Jika kehilangan kartu ATM, baik karena tidak sengaja terjatuh, tertinggal, ataupun tidak dapat terdeteksi oleh mesin ATM secara tiba-tiba, maka jangan panik terlebih dahulu, ya. Sebaiknya, segera lakukan beberapa cara mengurus ATM yang hilang di bawah ini:

1. Kontak Customer Service Bank

Cara mengurus ATM yang hilang paling umum adalah dengan menghubungi customer service dari bank bersangkutan. Jika tidak memiliki informasi mengenai nomor layanannya, Anda dapat langsung melihatnya melalui situs resmi dari bank tersebut.

 

Selain itu, Anda juga dapat melihatnya dalam buku tabungan rekening, atau mencarinya melalui layanan pencarian di internet. Nah, bila masih berada di lokasi ATM, Anda juga bisa menemukan contact center pada bagian dari mesin ATM.

 

Setelah berhasil menghubungi nomornya, cara mengurus ATM yang hilang selanjutnya adalah meminta pemblokiran ATM. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menyertakan nomor rekening dan juga nama yang tertera di dalamnya.

 

Cara mengurus ATM yang hilang di atas merupakan tindakan antisipasi untuk mencegah pihak tidak bertanggung jawab menguras saldo Anda. Sebagai tips tambahan, Anda sebaiknya tidak memblokir SMS Banking atau Internet Banking, sebab segala bentuk informasi perbankan nantinya akan diinformasikan melalui layanan tersebut.

2. Transfer Saldo Ke Rekening Lain

Selain menggunakan cara mengurus kartu ATM yang hilang di atas, Anda juga dapat melakukan tindakan preventif lainnya, yakni menggunakan layanan Internet Banking atau SMS Banking, untuk mentransfer sisa saldo ke rekening lain.

 

Sisakan sedikit dana untuk berjaga-jaga, sebab biasanya proses pemblokiran ATM membutuhkan biaya yang diambil melalui saldo rekening bersangkutan. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bank menerapkan kebijakan tersebut.

 

Cara mengurus kartu ATM yang hilang ini penting agar Anda dapat mengantisipasi apabila ATM tersebut ternyata jatuh ke tangan orang tidak bertanggung jawab.

3. Datangi Kantor Polisi Terdekat

Cara mengurus ATM yang hilang berikutnya adalah meminta surat kehilangan ATM. Untuk membuatnya, Anda perlu mendatangi kantor polisi terdekat. Jangan lupa juga membawa kartu identitas yang dibutuhkan seperti KTP dan buku tabungan.

 

Jika berhalangan untuk mengurusnya sendiri, Anda juga dapat diwakilkan oleh seseorang. Hal ini bisa dilakukan selama orang tersebut mendapatkan surat kuasa yang telah ditandatangani oleh pemberi kuasa.

 

Untuk prosesnya sendiri, tidak memakan waktu yang lama. Bila tidak ada antrean, Anda sudah bisa mendapatkan surat kehilangan ATM dalam waktu hanya 5 menit saja. Jangan lupa untuk menandatangani surat tersebut sebelum menyerahkannya kepada pihak bank.

 

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang, sebab proses pengurusan surat kehilangan tidak dipungut biaya sama sekali.

4. Buat Kartu ATM Baru

Cara mengurus ATM yang hilang terakhir adalah memproses pembuatan kartu ATM baru. Pertama-tama jelaskan maksud kedatangan Anda ke bank kepada satpam yang sedang bertugas. Setelah itu, Anda akan diberi nomor antrean dan diminta untuk menunggu hingga nomor tersebut terpanggil.

 

Ketika nomor muncul di layar, maju ke meja customer service dan jelaskan permasalahan yang Anda alami. Jangan lupa juga untuk menyertakan bukti identitas seperti KTP atau SIM dan fotokopi buku tabungan. Biasanya, customer service akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai rekening Anda, mulai dari transaksi hingga jumlah saldo terakhir.

 

Setelah proses di atas selesai, customer service akan mengurus pembuatan ATM baru dengan nomor rekening serta kata sandi yang sama. Untuk memastikan bahwa tidak ada penarikan uang oleh pihak lain, Anda dapat meminta bukti rekening koran dan mengecek apakah terjadi transaksi selama kartu ATM hilang.

Bagaimana Cara Menghindari ATM Hilang?

Untuk mencegah hilangnya kartu ATM, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain sebagai berikut.

1. Simpan Kartu ATM di Tempat yang Aman

Anda dapat menyimpan kartu ATM dalam dompet, case ponsel, atau lanyard. Karena, barang-barang tersebut akan selalu ikut terbawa kemanapun Anda pergi. Tips ini cocok terutama bagi Anda yang sering menggunakan kartu ATM dalam bertransaksi.

2. Gunakan Kartu Digital atau E-Card

Apabila Anda orang yang mudah lupa dan jarang mengambil uang di mesin ATM, penggunaan e-card atau kartu digital akan sangat OCBC anjurkan. Apalagi kini sudah banyak bank yang menawarkan layanan untuk transaksi menggunakan kartu digital. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kartu digital ini untuk belanja online baik di dalam maupun luar negeri.

3. Hindari Mengambil Uang di Mesin ATM yang Sering Bermasalah

Bila kartu ATM sudah pernah tertelan oleh salah satu mesin ATM, ada baiknya Anda menghindari penggunaan perangkat itu kembali. Hal ini dilakukan guna menghindari kejadian sama terulang kembali.

4. Gunakan Aplikasi M-Banking yang Langsung Terhubung dengan Mesin ATM

Banyak bank yang sudah menghubungkan mesin ATMnya dengan aplikasi M-Banking. Kini, Anda dapat menggunakan mesin ATM tanpa harus membawa kartu secara fisik.

 

Demikian informasi seputar tata cara mengurus ATM hilang versi OCBC. Ingatlah untuk selalu menjaga kartu ATM Anda dengan teliti, jangan sembarang meletakkannya pada permukaan yang kasar karena dapat menyebabkan sensor di dalamnya rusak dan sulit terbaca oleh mesin. Yuk simak tips finansial lainnya hanya di OCBC NISP. Sampai jumpa!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB

Download ONe Mobile