Fungsi Penting Nomor Kartu Kredit, Pengguna Harus Paham!

20 Jun 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Apa penting dan fungsinya nomor kartu kredit? Simak penjelasannya.

Penggunaan kartu kredit sebagai metode transaksi saat ini semakin meningkat. Tak heran, mengingat fitur dan layanan yang ditawarkan, tentu membuat banyak orang tertarik. Nah, sebagai pengguna, tentu Anda harus memahami bagian-bagian dan fungsinya bukan? Salah satunya yaitu nomor kartu kredit.

Lantas, bagi Sobat OCBC yang masih bingung dimana sih letak nomor kartu kredit dan apa fungsi sebenarnya? Yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Nomor Kartu Kredit?

Nomor kartu kredit adalah 16 kombinasi angka yang menunjukkan identitas akun. Variasi tersebut umumnya ditemukan di bagian depan kartu dan dicetak timbul guna memudahkan mesin ATM untuk mendeteksi informasi.

Contoh nomor kartu kredit adalah 0012 3456 7891 9876. Campuran digit berikut merupakan bentuk algoritma Luhn yang dienkripsi. Tujuan dicantumkan nomor ini yaitu untuk melakukan transaksi online atau offline dengan mudah.

Sebagai tambahan informasi, beberapa kartu kredit memiliki jaringan yang berbeda seperti MasterCard, Bank of America, Visa atau JP Morgan Chase yang ditetapkan oleh organisasi Pittsburgh Post-Gazette.

Selain mencakup identitas nasabah, deretan angka tersebut juga mengungkapkan kode tertentu, khususnya pada satu atau dua angka pertama. Informasi yang tercantum pada variasi nomor kartu kredit adalah seperti berikut:

  • Awalan angka 0 menunjukkan ISO/TC 68 serta industri terkait
  • 1 menunjukkan perusahaan penerbangan
  • 2 menunjukkan penerbangan dan industri terkait
  • 3 menunjukkan perusahaan travel serta hiburan
  • 4 dan 5 menunjukkan lembaga keuangan atau bank
  • 6 menunjukkan perusahaan perdagangan dan bank
  • 7 menunjukkan perusahaan perminyakan
  • 8 menunjukkan perusahaan telekomunikasi atau sejenisnya,
  • 9 menunjukkan lembaga nasional.

Fungsi Nomor Kartu Kredit

Memiliki deretan angka yang berbeda bagi setiap nasabahnya, nomor kartu kredit memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Menjadi penanda identitas sehingga memudahkan sistem untuk membedakan satu kartu dengan lainnya
  • Mencegah terjadinya pemalsuan atau penjiplakan kartu kredit
  • Membantu proses verifikasi data diri nasabah
  • Menunjukkan identitas bank, rekening, kelompok penerbit kartu serta mata uang yang digunakan.

Lalu, Apa Pentingnya Nomor Kartu Kredit?

Nomor kartu kredit memiliki peran penting untuk melindungi dana yang disimpan di rekening nasabah. Jika terjadi tindak kejahatan melalui informasi pada kartu, besar risiko seluruh uang dalam tabungan juga ikut lenyap. Maka dari itu, selalu jaga data diri untuk menghindari kemungkinan pencurian atau aksi kejahatan lainnya.

Perlu diketahui bahwa saat ini pembobolan rekening bank dapat dilakukan secara online. Maksudnya, walaupun Anda memegang kartu di tangan, para oknum masih bisa mengakses akun melalui informasi seperti nomor kartu kredit.

Perbedaan Nomor Kartu Kredit dan CVV

Kedua jenis nomor ini memang sama-sama berbentuk kombinasi angka. Tapi, perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan dalam konteks fungsi dan perannya.

Card Verification Value (CVV) atau disebut juga Card Verification Code (CVC) adalah lapisan keamanan untuk jenis kartu Visa dan MasterCard. Kode CVV terletak di bagian belakang kartu, dekat dengan panel tanda tangan serta berjumlah tiga angka.

Akan tetapi, khusus untuk kartu American Express jumlahnya empat angka. Fungsi digit ini adalah sebagai pengaman transaksi online pada tahapan verifikasi sebelum proses pembayaran serta menjadi aspek yang menentukan berhasil atau tidaknya pembelian barang.

Dari penjelasan berikut dapat disimpulkan bahwa nomor kredit dan CVV memiliki perbedaan di letak, jumlah digit serta kegunaannya.

Aturan Menentukan Nomor Kartu Kredit

Pada umumnya, nomor kartu kredit di Indonesia diawali dengan angka 4 atau 5 karena pihak yang menerbitkan adalah Lembaga Keuangan Bank dan Non-bank. Lalu, setelah bagian awal, digit selanjutnya akan menunjukkan kode mata uang, bank pemilik, serta nomor akun nasabah.

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa informasi di atas tidak selalu benar karena setiap lembaga keuangan yang akan menentukan susunan angka tercantum. Pada bagian ini, akan dijelaskan beberapa aturan menentukan nomor kartu kredit, berikut penjelasannya:

1. Visa

Jaringan Visa memiliki persamaan dengan American Express, hanya saja digit pertama dimulai oleh angka 4. Sedangkan, digit kedua hingga ketujuh menunjukkan nomor yang menghubungkan kartu Visa dengan lembaga keuangan. Lalu, digit berikutnya merupakan nomor akun nasabah.

Digit terakhir dari kartu Visa adalah nomor pemeriksaan. Anda bisa mengecek nomor kartu kredit untuk melihat adanya perbedaan antara kartu Visa dan American Express.

2. MasterCard

Seluruh kartu kredit yang memiliki logo MasterCard pada digit pertama pasti diawali dengan angka 5 yang menunjukkan informasi untuk jaringan tersebut.  Lalu, akan ditemukan variasi angka dimulai dari digit kedua hingga digit kelima sebagai representasi nomor bank.

Setelah itu, di digit selanjutnya dapat ditemukan nomor akun. Sedangkan, angka terakhir merupakan bilangan yang digunakan untuk pemeriksaan.

3. American Express

Dua digit pertama pada jaringan American Express berisi identifikasi bank. Sedangkan pada digit ketiga dan keempat digunakan untuk menunjukkan tipe kartu serta mata uang yang digunakan nasabah.

Selanjutnya, enam digit selanjutnya menandakan nomor akun. Lalu, sisa digit lainnya merepresentasikan nomor kartu dan pada bagian akhir tercantum angka acak untuk melindungi kartu kredit dari kerusakan sistem hingga tindak kejahatan.

Nah, itulah penjelasan mengenai pentingnya nomor kartu kredit yang perlu diketahui oleh penggunanya. Agar transaksi lebih mudah, Anda perlu memperhatikan fitur dan layanan pada kartu kredit. OCBC NISP menawarkan berbagai pilihan kartu kredit dengan keuntungan dan manfaat menarik. Yuk ajukan sekarang juga!

Baca Juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

A means of payment for all transactions
Deposito

Deposito

Kelola keuangan bisnis jadi lebih cepat dan mudah
TAKA

TAKA

Manage finances to meet needs and ease of transactions

Download ONe Mobile