Tips Merencanakan Tabungan Keluarga, Simpel dan Praktis

20 Jun 2022

Bagaimana tips tepat merencanakan tabungan keluarga? Yuk simak! 

Ketika Anda sudah menikah dan membangun sebuah rumah tangga, maka perencanaan keuangan merupakan hal yang cukup penting. Tabungan keluarga adalah elemen penting untuk mendukung kesejahteraan keluarga di masa depan, seperti halnya tabungan pendidikan anak.

 

Lantas, dalam suatu rumah tangga, jenis tabungan apa yang perlu dimiliki? Dan bagaimana strategi tepat dalam merencanakan mulai dari awal? Yuk simak pembahasannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Tabungan Keluarga?

Pengertian tabungan keluarga adalah pendapatan dalam rumah tangga yang tidak dikonsumsi sampai habis. Dapat dikatakan juga bahwa tabungan merupakan selisih antara pengeluaran dan pemasukan.  Ada pula berbagai jenis tabungan dibedakan dengan tujuannya.

 

Hal ini dilaksanakan supaya lebih mudah meraih target-target keinginan pasangan dan anak-anak. Tak hanya itu, manfaat tabungan keluarga adalah adanya alokasi tertentu untuk mencapai kebutuhan rumah tangga yang memerlukan biaya besar.

Jenis-jenis Tabungan Keluarga

Banyaknya kebutuhan dalam rumah tangga dapat membuat Anda kewalahan mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan. Tidak perlu khawatir, berikut beberapa jenis tabungan keluarga untuk disiapkan bersama pasangan.

1. Simpanan Khusus untuk Liburan

Jenis tabungan keluarga lainnya adalah yang memiliki tujuan untuk berlibur bersama. Kegiatan ini membantu melepas penat dan membangun keharmonisan keluarga.

 

Liburan impian yang menyenangkan bersama keluarga tidaklah perlu menguras tabungan. Caranya, Anda bisa menyiapkan dana 5 sampai 15 persen dari pemasukan per bulannya untuk kegiatan refreshing ini.

2. Tabungan untuk Pendidikan Si Buah Hati

Adanya si kecil membawa kebahagiaan yang besar bagi pasangan suami istri muda. Untuk memberikannya yang terbaik, pendidikan anak dalam tabungan keluarga adalah hal yang perlu disiapkan dengan matang.

 

Apalagi mengingat fakta meningkatnya biaya pendidikan setiap tahunnya, merencanakan anggaran sekolah sang buah hati akan memberikan Anda kesiapan batin dan finansial. Sekarang, dana ini bisa dipersiapkan dengan menyetor per bulannya pada rekening tabungan pendidikan.

3. Tabungan Pensiun

Pensiun sebagai jenis tabungan keluarga adalah hal yang penting juga bagi para Sobat OCBC NISP. Merencanakan kebutuhan sejak dini memastikan Anda akan hidup berkecukupan di kemudian hari.

4. Simpanan Dana untuk Umrah atau Haji

Mengunjungi Tanah Suci adalah impian untuk seluruh umat Islam. Menunaikan Umrah maupun Haji dengan biayanya yang tinggi bisa membuat orang-orang mengurungkan niat untuk melaksanakan ibadah tersebut.

 

Akan tetapi sudah tidak perlu khawatir lagi, sekarang, menabung untuk ibadah menjadi lebih mudah dan ringan dengan tawaran simpanan Umrah atau Haji di berbagai bank termasuk OCBC NISP, mudah dan berkah.

5. Dana Darurat

Memiliki dana darurat sebagai tabungan keluarga adalah suatu hal yang wajib dipersiapkan. Kejadian-kejadian tidak terduga dengan potensi menggerus anggaran finansial dapat terjadi kapan saja. Oleh karenanya, usahakan untuk menyisihkan 5 sampai 10 % pendapatan bulanan dan mulai seawal mungkin untuk mengumpulkan lebih banyak simpanan jenis ini.

 

Sebagai patokan awal, Anda bisa menargetkan dana darurat tabungan keluarga adalah 3x keperluan dalam sebulan. Untuk simulasi, apabila pengeluaran rumah tangga sebesar 10 juta perbulan, maka persiapkanlah anggaran sebesar 30 juta untuk dana darurat.

Tips Merencanakan Tabungan Keluarga

Menerapkan rencana untuk meraih target dalam tabungan keluarga akan menjadi lebih mudah dengan menjalankan beberapa tips berikut:

1. Menentukan skala prioritas

Tips pertama dalam merancang tabungan keluarga adalah menentukan terlebih dahulu kebutuhan-kebutuhan yang menjadi prioritas. Kehidupan berumah tangga menyadarkan bahwa segala pemasukan akan menjadi satu. Meningkatnya keperluan akan lebih mudah diatur dengan kemampuan membedakan kepentingan mendesak atau tidak.

2. Menyepakati pembagian pengeluaran rumah tangga

Selain itu, kesepakatan pembagian pengeluaran rumah tangga dapat Anda lakukan. Biasanya, persetujuan ini dilaksanakan pada sebelum dan saat pernikahan berlangsung.

 

Dengan banyaknya kebutuhan berumah tangga, pembagian pengeluaran membantu untuk membagi serta mengalokasikan tanggung jawab pada masing-masing individu. Hal ini bertujuan agar ada komitmen dari Anda dan pasangan.

3. Menuliskan anggaran finansial bulanan

Dengan mencatat anggaran keuangan bulanan, Anda bisa menjaga finansial keluarga untuk tepat sasaran dan sehat. Dianjurkan untuk membuatnya setelah mendapatkan gajian dan sebelum menggunakannya untuk keperluan berbelanja.

 

Selain itu, membuat budget keuangan untuk merencanakan tabungan keluarga adalah kegiatan yang diawali dengan membaginya pada pos-pos khusus. Sebagai contoh, Anda bisa mengestimasikan secara rinci kebutuhan per bulannya seperti belanja keperluan dapur, listrik, air, internet dan bensin.

 

Tak lupa, persiapkan juga pos untuk kejadian-kejadian tidak terduga seperti pajak maupun servis kendaraan, obat-obatan, dan dana pernikahan kerabat dekat. Anda juga bisa mencatat keinginan untuk bulan tersebut seperti sepatu maupun pakaian baru.

 

Untuk tahap ini, jangan ragu untuk mendiskusikan dengan pasangan Anda mengenai anggaran yang kurang maupun berlebih agar solusi seperti penekanan pengeluaran pos lain dapat dilaksanakan.

4. Pembuatan dan pengaturan rekening khusus

Untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab mengelola finansial keluarga dapat didiskusikan dengan pasangan. Supaya lebih mudah mengatur keuangan rumah tangga, Anda bisa membuat satu rekening khusus.

 

Pada saat ini, Anda perlu menentukan terlebih dulu siapa yang akan mengelola akun tersebut, termasuk kegiatan menarik dan mentransfer dana. Salah satu tips berguna untuk mengurangi kesalahpahaman dalam finansial rumah tangga adalah dengan memastikan segala pengeluaran memanfaatkan rekening khusus ini.

5. Gunakan anggaran keuangan untuk kebutuhan saja

Setelah Anda selesai membuat rencana finansial untuk satu bulan kedepan, gunakanlah untuk berbelanja yang diperlukan saja. Supaya tidak gegabah, siapkan terlebih dahulu barang-barang yang dibutuhkan dari rumah.

 

Anda juga dapat memanfaatkan promo dan diskon-diskon lainnya supaya lebih irit. Untuk barang dengan potensi membusuk, perhatikan juga ya kapan tanggal kadaluarsanya.

6. Menjauhi hutang

Tips selanjutnya guna memperlancar pemasukan untuk tabungan keluarga adalah dengan meminimalisir hutang. Sebab, bunga yang tinggi dari KTA maupun kartu kredit dan hutang-hutang lainnya dapat membengkakkan pengeluaran dalam rumah tangga apabila penggunaannya tidak teliti.

 

Untuk kartu kredit, bayarlah minimal setengah dari total tagihan atau pemakaian. Akan lebih baik apabila Anda melunasi penuh sebab hanya perlu sekali membayar bunga.

 

Hal yang perlu diwaspadai dalam memiliki hutang adalah untuk berusaha selalu melunasinya tepat waktu. Sebab, jika terlambat, Anda harus membayar denda sekaligus bunga yang cukup tinggi per bulannya.

7. Mencari pemasukan tambahan

Dengan keahlian dan pengalaman yang meningkat, akan ada kesempatan untuk menambah penghasilan bulanan. Tentunya ini bisa dimanfaatkan guna mengisi simpanan tabungan keluarga maupun untuk investasi.

 

Tidak hanya dari promosi pekerjaan maupun menawarkan freelance, penghasilan tambahan bisa Anda dapatkan dari investasi dengan hasil menjanjikan seperti properti, saham, maupun reksadana.

8. Evaluasi secara berkala

Tips terakhir dalam merencanakan tabungan keluarga adalah dengan melakukan penilaian ulang secara berkala. Kendala-kendala dalam meraih tujuan keuangan dapat diminimalisir dengan mengecek kesehatannya secara rutin untuk memastikan sudah berada di arah yang benar.

 

Untuk itu, periksalah apakah ada pos-pos tertentu dengan pengeluaran berlebih maupun anggaran yang tidak terpakai. Bersifatlah terbuka bersama pasangan dan pahami bahwa pengalaman hidup membentuk persepsi finansial yang berbeda pula. Ini akan membuat diskusi keuangan di keluarga lebih nyaman dan berorientasi pada masa depan yang baik.

 

Itu dia penjelasan mengenai pengertian tabungan keluarga dan pentingnya bagi rumah tangga Anda. Jika ingin kehidupan Anda dan keluarga sejahtera hingga hari tua, tidak ada salahnya melakukan perencanaan mulai dari sekarang.

 

Nah, jika ingin mulai menabung, Sobat OCBC bisa mempertimbangkan beberapa pilihan produk Tabungan OCBC NISP yang menawarkan berbagai keuntungan sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk ajukan sekarang!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Wealth Management

Wealth Management

Download ONe Mobile