Berinvestasi dengan Reksa Dana

23 Jun 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Reksa dana sering menjadi pilihan awal para investor pemula Mengapa? Reksa dana menyediakan akses pasar modal kepada investor dengan modal yang jauh lebih terjangkau

Dalam berinvestasi, ada beberapa alternatif instrumen yang dapat digunakan, salah satunya adalah investasi melalui reksa dana. Reksa dana adalah kumpulan dana yang dihimpun dari sejumlah investor, yang kemudian dikelola oleh Manajer Investasi kepada jenis efek-efek tertentu. Keseluruhan proses pengelolaan hingga pemasaran reksa dana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Reksa dana sering menjadi pilihan awal para investor pemula. Mengapa? Reksa dana menyediakan akses pasar modal kepada investor dengan modal yang jauh lebih terjangkau, dan saat ini pada sejumlah agen penjual sudah dapat ditransaksikan secara online tanpa memerlukan tatap muka.

Berdasarkan jenis alokasi asetnya, reksa dana dibagi menjadi 4 macam;

  1. Reksa Dana Pasar Uang

    Merupakan jenis reksa dana yang menempatkan dana 100 persen pada instrumen pasar uang, seperti tabungan, deposito, SBI dan surat hutang bertenor pendek, kurang dari 1 tahun.

  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

    Merupakan jenis reksa dana yang menempatkan investasi minimum 80 persen pada instrumen pendapatan tetap seperti surat hutang dengan tenor di atas satu tahun.

  3. Reksa Dana Campuran

    Merupakan jenis reksa dana yang memiliki alokasi portfolio pada efek hutang dan saham masing-masing kurang dari 80 persen.

  4. Reksa Dana Saham

Jenis reksa dana yang memiliki alokasi pada instrumen saham minimum 80 persen.

Strategi memilih produk reksa dana yang sesuai?

  1. Dalam menentukan jenis investasi yang cocok bagi setiap investor, penting untuk mengenali profil risiko kita sebagai investor terlebih dahulu. Hal ini untuk mengidentifikasi level toleransi setiap investor terhadap tingkat volatilitas atau naik turunnya nilai investasi yang akan dihadapi, serta jenis instrumen yang sesuai.

  2. Never put all your eggs in one basket”. Investasi pada pasar modal memiliki potensi keuntungan dan tingkat risiko yang berbeda. Untuk mengurangi risiko volatilitas, tidak ada salahnya untuk membagi aset ke beberapa jenis instrumen.

  3. Pilih reksa dana yang dikelola oleh Manajer Investasi dan Agen Penjual yang memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik dalam mengelola ataupun memasarkan reksa dana. Memilih reksa dana hanya berdasarkan pada kinerja imbal hasil semata, tanpa mempertimbangkan jenis underlying asset dan kredibilitas Manajer Investasi, dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan investasi kita.

  4. Dollar cost averaging”. Strategi pembelian bertahap ini dapat membantu mengurangi risiko pasar dan mengoptimalkan imbal hasil.

  5. Lakukan review secara berkala untuk memastikan jenis instrumen dan imbal hasil masih sesuai dengan profil risiko kita dan on-track untuk membantu kita mencapai tujuan investasi kita.

Chart Reksa Dana

 

Informasi lebih lanjut mengenai produk reksa dana yang dijual di OCBC NISP, silahkan klik tautan berikut https://www.ocbcnisp.com/id/individu/wealth-management/reksa-dana

Cerita untuk inspirasi

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

Read

Education, Daily Update - 20 Jun 2022

Apa itu ATM Link? Ciri, Fungsi & Bedanya dengan ATM Bersama

View All

Related Product

ONe Mobile
ONe Mobile

ONe Mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama ONe Mobile yang baru.
Reksa Dana

Reksa Dana

Kemudahan investasi dengan aman dan nyaman untuk masa depanmu

Download ONe Mobile