Mempersiapkan Dana Pensiun

23 Jun 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Ketahui cara mudah menumbuhkan dana pensiun Anda serta Kapan saat yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun.

Memasuki masa pensiun merupakan momen yang ditunggu setiap orang, karena saatnya untuk menikmati hasil yang sudah dikumpulkan selama bertahun – tahun pada saat aktif bekerja. Namun demikian berdasarkan survei yang dilakukan, dari sekitar 126 juta orang yang aktif bekerja, hanya sekitar 4,3 juta orang yang sudah mempersiapkan dana pensiun, atau sekitar 3,4% dari total pekerja (sumber: OJK Statistik Dana Pensiun, 2019).

Hal ini tentunya sangat memprihatinkan sebab jika gaya hidup seseorang tidak berubah setelah masuk usia pensiun, maka dapat membebani generasi selanjutnya karena pengeluaran akan ditanggung mereka. Selain itu jika generasi selanjutnya tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup sekeluarga, maka opsi selanjutnya adalah kembali aktif bekerja untuk tetap memenuhi kebutuhan hidup.

Kapan harus mempersiapkan dana pensiun?

Usia pensiun resmi di Indonesia adalah 55 tahun, dimana hal ini berarti rata-rata masa produktif seseorang adalah sekitar 30 – 35. Masa produktif adalah kesempatan dimana kita dapat secara optimal menyisihkan dana untuk mempersiapkan dana pensiun. Idealnya, semakin panjang waktu yang dimiliki seseorang untuk menabung, semakin besar hasil yang akan didapatkan, sehingga seseorang dapat lebih menikmati masa pensiun sesuai harapan. Sebaliknya, semakin singkat masa produktif seseorang, maka nilai dana pensiun yang dihasilkan akan lebih rendah atau membutuhkan alokasi dana yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang memulai terlebih dahulu.

Bagaimana membangun persiapan masa pensiun:

  1. Rencanakan kapan kita akan memasuki masa pensiun

    Jika kita sudah mengetahui kapan akan memasuki usia pensiun dan berapa lama kita akan menjalani masa pensiun tersebut, maka akan lebih mudah bagi kita untuk melakukan perhitungan anggaran yang harus dipersiapkan sampai dengan tiba waktunya.

  2. Melakukan kalkulasi kondisi keuangan saat ini

    Perhitungan kondisi keuangan mencakup nilai harta bersih yang saat ini sudah dimiliki yang telah dialokasikan khusus untuk dana pensiun. Hal ini termasuk menghitung besarnya biaya hidup kita sehari-hari selama masa pensiun.

  3. Perhitungkan komponen inflasi

    Saat menghitung biaya hidup, seringkali kita melupakan komponen inflasi yang dapat membuat nilai biaya semakin tinggi. Oleh karena itu, pastikan kita memperhitungkan besaran inflasi dalam menghitung ekspektasi biaya hidup di masa depan saat menjalani masa pensiun.

  4. Menutup “savings gap”

    Savings gap adalah selisih antara jumlah dana yang kita butuhkan dimasa yang akan datang dibandingkan dengan jumlah saat ini. Caranya, tentukan instrumen yang akan digunakan untuk menutup kebutuhan anggaran masa pensiun, lalu mulai atur pola keuangan yang sehat, termasuk diantaranya menghitung pos-pos pengeluaran.

  5. Memilih instrumen investasi untuk menumbuhkan dana

Mengapa dana pensiun perlu diinvestasikan? Inflasi mengakibatkan biaya hidup di masa depan semakin tinggi, oleh karena itu kita perlu menginvestasikan dana tersebut dalam instrumen yang dapat memberikan imbal hasil untuk mengatasi inflasi. Dalam memilih instrumen keuangan untuk menumbuhkan dana pensiun, setiap orang dapat menempatkan dana sesuai dengan profil risiko masing – masing. Untuk mengantisipasi risiko dalam pergerakan nilai kelas aset, setiap investor dapat membagi atau mendiversifikasi kepemilikan di setiap instrumen.

Ingin mengetahui cara mudah menghitung kebutuhan pensiun Anda dan bagaimana Anda dapat menumbuhkan dana pensiun Anda? Klik link berikut https://www.ocbcnisp.com/id/kalkulator/pensiun

Chart

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read

Education, Daily Update - 20 Jun 2022

Apa itu ATM Link? Ciri, Fungsi & Bedanya dengan ATM Bersama

View All

Related Product

Asuransi

Asuransi

Protection for families safer future
Deposito

Deposito

Kelola keuangan bisnis jadi lebih cepat dan mudah
Private Banking

Private Banking

OCBC NISP Private Banking memastikan kerja keras Anda menjadi peninggalan terbaik untuk generasi penerus berikutnya

Download ONe Mobile