Fenomena Santa Claus Rally dan Window Dressing

15 Dec 2022 Written by:Tim Wealth Management OCBC NISP

Mengenal Fenomena Santa Claus Rally dan Window Dressing dan perbedaan nya.

Menjelang akhir tahun, terutama setiap bulan Desember, kita mengenal fenomena Window Dressing dan Santa Claus Rally pada pasar modal. Sebenarnya apakah perbedaan dari kedua hal tersebut?

Santa Claus Rally adalah fenomena dimana terjadi kenaikan pada harga-harga saham pada minggu terakhir di bulan Desember. Beberapa hal yang mendukung fenomena tersebut:

  • Investor menggunakan bonus akhir tahun untuk membeli efek
  • Optimisme investor menyambut tahun yang baru
  • Investor mengantisipasi fenomena January effect dan membeli saham-saham tertentu

Pendapat lainnya mengatakan Santa Claus Rally terjadi seiring dengan adanya peningkatan belanja liburan, sehingga tren bullish berlanjut. Santa Claus Rally ini didukung juga dengan volume perdagangan saham yang relatif menurun menjelang liburan panjang, sehingga lebih mudah bagi investor untuk mendorong kenaikan harga saham.

Sementara, fenomena Window Dressing merupakan aktivitas perusahaan atau emiten untuk mempercantik laporan keuangannya di akhir tahun, dimana hal tersebut turut mendorong pergerakan harga saham, terutama saham-saham blue chips untuk menguat signifikan. Perusahaan melakukan hal tersebut dikarenakan keadaan finansial perusahaan tentunya akan menjadi pertimbangan utama bagi investor untuk melakukan investasi kedepan. Selain itu, biasanya para manajer investasi akan menjual saham-saham yang kinerjanya kurang baik, dan membeli saham-saham lain yang dapat memberikan nilai tambah pada portofolio mereka.

Apakah Santa Claus Rally dan Window Dressing selalu terjadi?

Sumber: Bloomberg, 30 November 2022

Terlihat dari tabel, secara historis dalam 10 tahun terakhir memang terdapat kecenderungan peningkatan pada IHSG setiap bulan Desember.

Oleh karena itu, penghujung tahun seringkali dianggap sebagai bulan yang baik untuk dijadikan peluang mengakumulasi pasar saham. Saham blue chips, atau saham dengan kapitalisasi besar akan menjadi primadona yang banyak diincar pada akhir tahun.

Walaupun fenomena Santa Claus Rally dan Window Dressing kerap terjadi, bagaimanapun investor harus tetap menyusun strategi dalam berinvestasi, dengan memperhitungkan tujuan investasi, profil risiko, keadaan finansial, jangka waktu, serta melakukan analisa fundamental dan teknikal.

Kunjungi website kami di https://www.ocbcnisp.com/id/individu/wealth-management/reksa-dana untuk informasi lebih lanjut, atau hubungi Relationship Manager Anda, atau kunjungi cabang OCBC NISP terdekat.

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 13 Jan 2023

Macroeconomics: Fed to slow to 25bps hikes

Read
Resolusi baru investasi di 2023

Investment - 13 Jan 2023

Resolusi Baru Investasi di 2023

View All

Related Product

Wealth Management

Wealth Management

Download ONe Mobile