7 Cara Menjadi Pegawai Bank, Ketahui Syarat dan Tipsnya!

4 Jan 2023

Bagaimana cara menjadi pegawai bank? Ketahui syarat, tahapan, dan tipsnya.

Pegawai bank adalah salah satu profesi yang banyak dicari oleh para pencari kerja. Namun demikian, menjadi pegawai bank bukanlah hal yang mudah.

Jika Sobat OCBC NISP tertarik untuk menjadi pegawai bank, Anda perlu mengetahui syarat dan tahapannya terlebih dahulu.

Hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk melewati setiap tahapannya. Yuk pelajari panduan lengkap beserta tips cara menjadi pegawai bank berikut ini!

Syarat Menjadi Pegawai Bank

Beberapa persyaratan di bawah ini bukanlah hal yang mutlak. Akan tetapi, biasanya rekruitmen pegawai bank akan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Pendidikan

Perhatikan syarat pendidikan untuk menjadi pegawai bank dan sesuaikan dengan latar belakang Anda. Umumnya, bank mencari pelamar yang berasal dari jurusan akuntansi, ilmu ekonomi, dan manajemen. Namun, pada umumnya benk terbuka untuk semua jurusan.

Latar belakang pendidikan untuk menjadi pegawai bank lainnya adalah jurusan sistem informasi dan teknik. Biasanya, bank mencari lulusan dari kedua jurusan tersebut untuk ditempatkan pada posisi tertentu.

Usia

Batas usia pelamar profesi pegawai bank tergantung pada latar belakang pendidikannya. Bagi pelamar dengan pendidikan terakhir SMA/SMK/Sederajat, maka batas usianya antara 18-20 tahun.

Jika pelamar merupakan lulusan S1, batas maksimal usia adalah 25 tahun. Sedangkan, untuk pelamar dari lulusan S2 memiliki batas usia 28 tahun.

IPK atau Rapor

Latar belakang pendidikan yang sesuai tidaklah cukup. Bank juga perlu bukti kelayakan pelamar dengan IPK atau nilai rapor yang baik. Syarat nilai akhir rapor minimal yang ditetapkan bank untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat adalah 70.00.

Untuk lulusan S1, syarat minimal IPK pelamar adalah 2.75 dari skala 4.00. Sedangkan pelamar lulusan S2 harus memiliki IPK minimal 3.25 dari skala 4.00

Tinggi Badan

Syarat menjadi pegawai bank lainnya adalah tinggi badan. Tinggi badan minimal yang harus dipenuhi oleh calon karyawan pria adalah 165 cm. Sementara untuk pelamar wanita, tinggi minimalnya adalah 155 cm.

Kesehatan Mental dan Fisik

Pastikan Anda tidak memiliki riwayat penyakit dengan menyerahkan bukti berupa surat keterangan sehat dari dokter. Bank juga akan memberikan tes psikologi yang menguji kesehatan mental Anda.

Status Perkawinan

Sering kali, bank hanya menerima pelamar yang belum menikah. Alasannya, calon pegawai tersebut akan menjalani ikatan dinas terlebih dahulu sehingga mereka tidak boleh menikah hingga masa ikatan dinas selesai.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan & Gaji Tinggi

Cara menjadi Pegawai Bank

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan untuk menjadi pegawai bank adalah memperhatikan setiap tips. Anda akan bersaing dengan para pelamar lainnya demi mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Namun, Anda bisa meningkatkan peluang untuk diterima sebagai pegawai bank dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

Temukan Informasi Lowongan Kerja

Ada banyak media yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan informasi lowongan kerja di bank. Beberapa di antaranya, seperti laman resmi bank, website atau aplikasi penyedia lowongan pekerjaan, dan media sosial.

Kumpulkan sebanyak mungkin informasi peluang kerja untuk memperluas kesempatan. Jangan lupa untuk memperhatikan syarat, kualifikasi, dan tugas yang tertera pada setiap lowongan.

Optimalkan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja menjadi salah satu dokumen penting dalam tahap seleksi administrasi. Optimalkan dokumen ini untuk menarik perhatian HRD dan membuat Anda lolos ke tahapan berikutnya.

Manfaatkan Koneksi

Jika Anda memiliki rekan yang bekerja di bank tujuan, cobalah untuk menghubungi mereka. Anda bisa menggali informasi terkait posisi yang dibutuhkan dan kualifikasinya.

Adanya rekan atau koneksi juga dapat membantu untuk memberikan rekomendasi kepada HRD. Namun, terlepas dari hal tersebut, pastikan bahwa Anda memiliki kemampuan yang layak untuk direkomendasikan.

Kirim Lamaran ke Beberapa Bank

Jangan berpuas diri jika lamaran Anda cepat diproses oleh satu atau dua bank. Hal tersebut bukan jaminan mutlak bahwa pelamar sudah diterima oleh pihak bank.

Pastikan untuk melamar ke setiap bank yang membuka lowongan kerja dan membutuhkan kualifikasi yang sesuai dengan profil Anda.

Tahapan Seleksi menjadi Pegawai Bank

Setelah memastikan setiap persyaratan yang harus dipenuhi dan memahami tipsnya, Anda perlu mempelajari setiap tahapan menjadi pegawai bank. Ada beberapa proses yang harus dilalui, mulai dari seleksi administrasi, wawancara, hingga masa pelatihan.

Pelajari setiap tahapan yang ada di panduan cara menjadi pegawai bank berikut ini:

1. Seleksi Administrasi

Panduan menjadi pegawai bank pertama adalah seleksi administrasi. Pada tahap ini, Anda harus menyiapkan beberapa data seperti foto copy identitas, riwayat hidup, ijazah, transkrip nilai, surat lamaran, dan pas foto.

2. Uji Kompetensi

Setelah lolos dari tahap administrasi, Anda akan dihubungi oleh HRD bank untuk melakukan sejumlah tes, salah satunya uji kompetensi. Tes ini berkaitan dengan pengetahuan umum dan bahasa inggris seperti TOEFL.

3. Psikotes

Tes berikutnya yang harus Anda kerjakan adalah psikotes. Pengujian ini akan mengukur kemampuan intelegensi pelamar. Mempelajari sejumlah soal psikotes akan sangat membantu untuk melewati tahapan ini.

4. Wawancara dengan HRD

Pelamar yang telah lolos dari serangkaian tes sebelumnya akan lanjut ke sesi interview atau wawancara dengan HRD. Tahapan ini penting sebagai sarana untuk memperkenalkan diri dan karakter pelamar kepada pihak bank.

5. Wawancara dengan User

Selain dengan HRD, pelamar juga akan melakukan wawancara dengan pihak user. Pada tahap ini, Anda akan melalui wawancara bersama calon atasan pada posisi yang dilamar.

Umumnya, beberapa pertanyaan yang akan diberikan oleh user selama proses wawancara terkait dengan hard skill, soft skill, dan hal-hal teknis seputar pekerjaan.

6. Tes Kesehatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya terkait syarat menjadi pegawai bank, Anda harus memiliki kesehatan fisik dan mental yang prima.

Panduan menjadi pegawai bank yang satu ini seringkali disepelekan namun justru membuat banyak calon karyawan gagal dalam proses seleksi.

7. Masa Pelatihan

Setelah berhasil lolos seleksi, para calon karyawan tidak akan langsung bekerja di bank. Mereka akan melewati masa pelatihan atau training selama 1 tahun.

Meski begitu, calon karyawan akan tetap mendapatkan gaji dan fasilitas penunjang selama masa pelatihan. Apabila berhasil melewati masa pelatihan dengan baik, Anda akan secara resmi diangkat sebagai pegawai tetap.

Baca juga: 15 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Capai 100Jt!

Itu dia penjelasan lengkap seputar persyaratan, cara, hingga tahapan menjadi pegawai bank. Tentu saja, proses yang harus Sobat OCBC NISP lalui untuk meraih pekerjaan impian tersebut tidaklah mudah.

Oleh karena itu, Sobat OCBC NISP perlu melakukan persiapan terbaik seperti mempelajari panduan yang ada di artikel ini agar dapat bersaing dengan pelamar lainnya. Yuk, tambah pengetahuan Anda seputar bisnis dan keuangan di blog OCBC NISP.

Cerita untuk inspirasi

Read
Waspada Modus Penipuan Baru

Education - 30 Jan 2023

Beware New Fraud Mode

Read

Investment - 13 Jan 2023

Macroeconomics: Fed to slow to 25bps hikes

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB

Download ONe Mobile