Waspada Call Center Palsu, Simak Tips Ini!

12 Jan 2023 Written by: - Faradilla Anandra

Tindak kejahatan marak terjadi dengan modus yang beragam. Mulai dari panggilan telepon, hingga pesan mencurigakan melalui SMS, Whatsapp, atau E-mail yang mengatasnamakan Bank. Banyak korban yang terjerat pada modus penipuan ini.

Penipuan secara digital ini sering menimbulkan kerugian, terutama dari segi finansial. Seperti sebelumnya, terdapat nasabah OCBC NISP yang menjadi korban setelah dihubungi oleh call center yang menyerupai nomor resmi bank. Modus ini dikenal dengan Voice Phising.

Apa itu Voice Phising?

Vishing atau voice phising merupakan penipuan melalui telepon, untuk mendapatkan informasi pribadi yang sifatnya sensitif dan rahasia seperti nomor kartu hingga kata sandi, agar pelaku dapat mengakses perbankan nasabah dengan cara memancing emosi korban. Pada kasus di atas, pelaku melancarkan aksinya dengan cara berikut :

  • Penipu menghubungi nasabah dengan mengatasnamakan Bank OCBC NISP dan menyatakan adanya transaksi pada tagihan Kartu Kredit nasabah tersebut
  • Korban diarahkan untuk melakukan pemblokiran kartu demi keamanan Kartu Kreditnya
  • Pelaku mengirimkan SMS, Whatsapp, dan E-mail berisi link, yang mengharuskan nasabah mengisi data pribadi rahasia seperti nomor Kartu Kredit, nomor rekening, expired date, CVV, OTP SMS, user ID, hingga password internet banking dan mobile banking OCBC NISP sebagai persyaratan

Dalam waktu yang singkat, nasabah Kartu Kredit tersebut kehilangan uang dengan jumlah besar, karena pelaku mampu mengakses perbankan korban. Masalah ini mengharuskan Anda untuk lebih bijaksana dalam bertransaksi dan menjaga data rahasia. Pencegahan apa yang bisa dilakukan?

  1. Jangan mudah percaya, bila penelpon meminta Anda untuk memberikan informasi adanya transaksi yang mencurigakan pada fasilitas Kartu Kredit dan Kartu ATM yang nasabah miliki.
  2. Hati-hati jika penelpon menawarkan bantuan pemblokiran fasilitas kartu atau ATM, guna menghindari terjadinya transaksi kembali.

Perlu Anda ketahui, pelaku biasanya memanfaatkan jam malam untuk beraksi.

Pemilihan waktu ini pelaku manfaatkan saat seluruh calon korbannya dalam kondisi tubuh yang kurang optimal setelah beraktifitas sehari penuh. Tanpa sadar, korban telah memberikan informasi berisi data rahasia.

Apa yang harus Anda lakukan jika mengindikasi Voice Phising?

  1. PASTIKAN NOMOR CALL CENTER RESMI

    Ada banyak cara bagi pelaku untuk meyakinkan nasabah, salah satunya dengan menggunakan nomor yang serupa dengan call center resmi. Maka dari itu, Anda bisa memastikan valid tidaknya call center tersebut melalui website bank terkait.
    Contoh nomor CS palsu: 0816278330, 0816278327, 1 (971) 2686824, 1(620) 220 6831. Contoh website palsu dengan domain yahoo.com; gmail; ymail; seperti : cs@ocbcnisp.com, kredit@ocbcnisp.com

  2. WASPADA SAAT MENERIMA SMS, WHATSAPP, DAN E-MAIL YANG MENCURIGAKAN!

    Penipu sering menggunakan metode ini untuk mengecoh nasabah. Biasanya terdapat pesan yang menggiring korban untuk mengakses dan mengisi link palsu yang dikirimkan oleh pelaku, untuk mendapatkan data penting korbannya.

Perhatikan hal ini saat Anda menerima pesan mencurigakan :

  1. Hati-hati jika menerima panggilan. Penipu bisa menggunakan nomor telepon yang mirip dengan TANYA OCBC NISP tapi bukan nomor resmi.
    1. +621 1500999, +1500999, +01500999 ini adalah nomor call center palsu
    2. Nomor TANYA OCBC NISP yang benar adalah 1500999
  2. Bila menerima pesan berisi link, pastikan benar dikirimkan oleh OCBC NISP
    1. Pengirim SMS resmi OCBC NISP :
      OCBC NISP & OCBCNISP
    2. Pengirim e-mail resmi OCBC NISP :
      @ocbcnisp.com
      @news.ocbcnisp.id
      tanya@ocbcnisp.com
    3. Pengirim WA resmi OCBC NISP :
      Bank OCBC NISP : 081-122-500999 dan 081-158-500999
      OCBC NISP info : 0811-1060-6222
      Tanya OCBC NISP : 0812-1500999
  3. Periksa keaslian link.
    Pastikan Anda berada di alamat website resmi OCBC NISP, yaitu www.ocbcnisp.com untuk bertransaksi atau mendapatkan informasi
  4. Jaga data
    Jangan berikan data rahasia yang diminta secara lisan maupun tulisan dalam link yang dikirimkan via SMS, Whatsapp, E-mail, atau Website kepada siapapun termasuk pegawai bank, seperti :
    1. OTP
    2. PIN ATM
    3. User ID & Password Mobile Banking dan Internet Banking
    4. CVV Kartu Kredit & Kartu Debit

    Ayo, cegah penipuan dengan lebih waspada, teliti, dan hati-hati! Segera laporkan tindak mencurigakan ke TANYA OCBC NISP 1500-999

    Informasi lebih lanjut klik www.ocbcnisp.com/digisecure

Cerita untuk inspirasi

Read
Waspada Modus Penipuan Baru

Education - 30 Jan 2023

Beware New Fraud Mode

Read

Investment - 13 Jan 2023

Macroeconomics: Fed to slow to 25bps hikes

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB
KTA

KTA

Solusi memenuhi kebutuhan finansial
Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

Jadikan setiap tahapan kehidupan sebagai pengalaman baru yang penuh makna

Download ONe Mobile