Fasilitasi UMKM Bangun Relasi dan Koneksi, Bank OCBC NISP Selenggarakan Sesi Networking pada #ONPreneuship Mencari Jagoan Lokal Sehat

7 Dec 2021

Jakarta, 7 Desember 2021 – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menjadi sektor terpenting bagi perekonomian Indonesia dengan jumlah yang mencapai 64,2 juta, sektor ini berkontribusi 61,07% pada PDB, 97% pada penyerapan tenaga kerja dan mampu dalam menghimpun sampai 60,4% dari total investasi.1 Namun tingginya walaupun menjadi sektor terpenting, sektor UMKM tidak terlepas dari berbagai tantangan, di antaranya keterbatasan skill pengelolaan bisnis, kurangnya literasi pengelolaan keuangan, terbatasnya jaringan bisnis (network), transformasi digital hingga akses permodalan.

Untuk mendukung pelaku UMKM menghadapi berbagai tantangan tersebut, Bank OCBC NISP berkolaborasi dengan Kompas Gramedia Group menghadirkan program '#ONPreneruship Mencari Jagoan Lokal Sehat', sebuah ekosistem kolaboratif untuk menginspirasi, sekaligus berbagi tips praktis melalui rangkaian webinar, networking dan bootcamp.

Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan fase webinar yang diikuti lebih dari 600 pelaku UMKM dari berbagai kota di Indonesia, program '#ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat' kemudian berlanjut ke fase selanjutnya yakni fase networking. Melalui serangkaian penilaian, diantaranya seperti seleksi profil dan penilaian video pitch, saat ini terpilih 50 pelaku UMKM yang berkesempatan memperluas potensi jejaring bisnis mereka di fase networking. Di fase ini para UMKM berkesempatan untuk bertemu dengan pelaku usaha lainnya dari industri yang beragam, mulai dari produsen, distributor, hingga seller untuk menciptakan kolaborasi. Pada sesi ini mereka juga berkesempatan mendapatkan input dari para coach untuk upgrade bisnis sehingga makin fit dan siap #MelajuJauh.

“Kami melihat semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa pada lima puluh UMKM yang terpilih mengikuti rangkaian acara ONPreneurship. Program ini merupakan salah satu program CSR dari Bank OCBC NISP yang dirancang untuk membantu UMKM dalam meraih aspirasinya. Rangkain acara ONPreneurship disusun untuk tidak hanya menginspirasi, namun juga memberikan solusi praktis tantangan bisnis di era new normal, khususnya pada aspek digital, marketing, branding , financial dan funding,” ujar Jenny Hartanto, Executive Vice President National Network Head Bank OCBC NISP.

Fase kegiatan networking '#ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal' telah berlangsung pada 1 Desember 2021 menggunakan platform online khusus dimana para UMKM yang menjadi peserta dapat mengikuti 3 aktivitas, yaitu Discussion Room, 1 on 1 Business Coaching, dan Chit-chat. Pada setiap kegiatan, peserta mendapatkan pendampingan intensif dari para coach yang expert dari berbagai aspek, di antaranya:

  • Executive Vice President National Network Head Bank OCBC NISP, Jenny Hartanto
  • Managing Director OCBC NISP Ventura, Darryl Ratulangi
  • Tike Dwi Ariny, SME Proposition Head Bank OCBC NISP
  • Creative Storyteller, Handoko Hendroyono
  • CMO KG Media & Chairman of Indonesia Digital Association, Dian Gemiano
  • Co-Founder dan CTO WomenWorks, Fransiska P. W. Hadiwidjana

Peserta yang mengikuti rangkaian sesi networking berasal dari berbagai sektor industri, diantaranya:

  1. Kuliner (restoran, makanan ringan, kue, dan pastry)
  2. Fashion & Beauty (pakaian dewasa, pakaian anak, aksesoris)
  3. Seni, Hobi, dan Kerajinan (kesenian daerah, mainan anak, dan jasa desain)
  4. Agrobisnis (pertanian dan peternakan)
  5. Edukasi (universitas, bimbingan belajar, dan kursus)
  6. Manufacturing (emas, alat berat, dan ekspor-impor komoditas)
  7. Consulting (konsultasi keuangan, konsultasi bisnis, dan coaching)

Setelah mengikuti fase networking, para coach akan memilih 30 peserta yang berhak mengikuti fase #ONPreneurship selanjutnya, yakni fase bootcamp dan semakin dekat dengan hadiah modal usaha sebesar Rp75 Juta.

Handoko Hendroyono, Creative Story Teller & Branding Expert mengatakan, “Seluruh materi pelatihan dalam program '#ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat', mulai dari webinar, networking, dan bootcamp tidak hanya fokus pada materi yang inspiratif untuk membuka mindset dan memberikan insight pada trend bisnis, kompetisi atau customer behavior , namun menitikberatkan pada hal praktis yang dapat para UMKM praktikan dalam bisnis mereka masing-masing, salah satunya bagaimana posisi branding dapat berperan untuk meningkatkan sales . Jadi bukan hanya agar terlihat keren saja, namun harus memiliki value untuk keberlangsungan bisnis itu sendiri.”

“Rangkaian program #ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat menjadi salah satu perwujudan komitmen Bank OCBC NISP untuk menghadirkan solusi perbankan dan non-perbankan atau beyond banking yang relevan bagi para pelaku UMKM. Dari sisi produk dan layanan, Bank terus berinovasi menghadirkan solusi pendanaan di antaranya Nyala Bisnis untuk pelaku usaha individu, TAYTB WOMEN Warriors untuk pelaku usaha wanita, pendanaan online KTA CashBiz , sampai dengan solusi cash management dan trade finance . Sampai dengan September 2021, Bank OCBC NISP telah menyalurkan kredit senilai Rp18,5 Triliun untuk sektor UMKM,” tutup Jenny.

Informasi lebih lengkap terkait program #ONPreneurship MENCARI JAGOAN LOKAL SEHAT dapat di akses melalui website https://kitabangkit.id/onpreneurship atau Instagram @ONMelajuJauh.

1 UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia

Overview of Bank OCBC NISP
OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per tanggal 30 September 2021, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 221 jaringan kantor di 55 kota di Indonesia, dilengkapi dengan 537 unit ATM Bank OCBC NISP yang dapat diakses di lebih dari 100.000 jaringan ATM di Indonesia, sekaligus terhubung dengan lebih dari 700 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. Bank OCBC NISP pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat idAAA (stabil) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dan AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Corporate Communication Division

Bank OCBC NISP

OCBC NISP Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940

Tel: 021- 25533888; Fax: 021-57944000

corporate.communication@ocbcnisp.com

Website : www.ocbcnisp.com



Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbcnisp.com,
Mobile: 62-8119860068
Duhita Rahma Mahatmi (Gandis)
Corporate Communication Head
duhita.mahatmi@ocbcnisp.com
Mobile: 62-8111071069
Masniar Hutajulu
Corporate Communication
masniar.hutajulu@ocbcnisp.com
Mobile: 62- 85218211636

Berita untuk inspirasi

Baca
Curennshe

Campaign - 3 Nov 2022

Bank OCBC NISP Highlights the Importance of Women's Representation in Business and Economy through CurrenShe Campaign

Baca
Financial Fitness Index 2022

Campaign - 15 Aug 2022

78% Young Generation Don't Understand Investment Products, Bank OCBC NISP Invites Them to #BangkitSehatFinansial (#ReviveFinanciallyFit) with NYALA OCBC NISP

Lihat Semua